Senin, 22 September 2025

Riceknews.Id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Workshop Kehumasan sebagai upaya memperkuat kapasitas Pranata Humas di era regulasi baru.

Workshop ini mengusung tema “Adaptasi Pranata Humas terhadap Peraturan Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Nomor 9 Tahun 2025”.

Peraturan Menteri Komdigi Nomor 9 Tahun 2025 merupakan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) bagi Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat (Pranata Humas).

Menurut Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim, peraturan ini mengatur berbagai aspek penting, mulai dari kedudukan, tugas, ruang lingkup, hingga pengelolaan kinerja dan pengembangan kompetensi.

“Kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas Pranata Humas agar dalam menyampaikan komunikasi dan informasi ke masyarakat bisa lebih optimal,” ujar Muslim di Banjarmasin, Kamis (21/8/2025).

Ia menambahkan, workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi Pranata Humas dalam membangun citra positif pemerintah daerah.

“Ini adalah langkah awal dalam implementasi regulasi baru yang berdampak langsung pada profesionalisme Pranata Humas di instansi pemerintah,” katanya.

Dorongan untuk Terus Beradaptasi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Perumus Kebijakan Direktorat Kemitraan Komunikasi Lembaga dan Kehumasan Kemkomdigi, Andi Muslim, menjelaskan bahwa Jabatan Fungsional (JF) Pranata Humas memiliki fungsi dan tugas yang luas.

Ia mendorong para Pranata Humas di daerah untuk terus meningkatkan kompetensi dan memperbarui keahlian, khususnya dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi.

“Kebutuhan akan Cyber Public Relationship (PR) itu sangat nyata adanya. Kita harus terus meng-update kompetensi agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman,” kata Andi.

Menurutnya, Pranata Humas adalah profesi mulia karena bertugas menyampaikan informasi kinerja instansi yang sebenarnya.

“Kita ada di posisi yang keren. Kita harus bangga, karena kita juga sebagai ujung tombak dalam membangun citra baik instansi tempat kita bekerja,” pungkasnya.

Share.
Leave A Reply Cancel Reply
Exit mobile version